Serempak kembali berkeliling untuk mengunjungi kota-kota di Indonesia dalam rangka kegiatan Roadshow Serempak beberapa waktu lalu. Kali ini giliran kota Padang yang berkesempatan mendapatkan kunjungan. Acara bertemakan “Optimalisasi ICT dalam Peningkatan Masyarakat dan Kaum Perempuan Pelaku Ekonomi Kerakyatan” berlangsung di Aula Disnakertrans Sumatera Barat pada tanggal 20 Mei 2019 bersama empat narasumber kompeten yang akan membagikan ilmunya untuk masyarakat Kota Padang terutama para wanita. Acara ini diselenggarakan oleh tim SEREMPAK,  kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia dengan APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer).

Tanggal 20 Mei yang bertepatan dengan hari kebangkitan nasional, semakin menambah semangat para peserta untuk mendengarkan informasi-informasi bermanfaat dari para narasumber. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan peserta diantaranya tokoh masyarakat, Ibu rumah tangga, UKM, Mahasiswa, Forum anak dll.

SEREMPAK.id sebagai website Seputar Perempuan dan Anak yang berada di bawah naungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menangkap peluang akan banyaknya para pelaku usaha kecil menengah yang ternyata banyak dipegang oleh kaum perempuan, untuk memberikan pemahaman lebih banyak kepada para perempuan khususnya ibu rumah tangga, tentang teknologi informasi agar bisa digunakan untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan tentunya perlu digunakan secara bijak dan cerdas. Tidak diragukan lagi bahwa lebih dari setengah masyarakat Indonesia sudah menggunakan gadget dan internet.

Lima narasumber kompeten yang hadir pada acara ini ialah, Prof Dr. Achmad Benny Mutiara Q. N. selaku Sekretaris Jenderal APTIKOM, Dr. Nina Kurnia. H, SE. MM selaku Sekjen I APTIKOM, Hanny Hikmayanti H, S.Kom, M.Kom selaku Koordinator Pengembang IT APTIKOM dan Dr. Yuhandri, S.Kom, M.Kom selaku Ketua APTIKOM Provinsi Sumbar.

Sebelum para narasumber membagikan ilmunya, acara terlebih dahulu dibuka oleh Kepala Dinas P3A Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Ibu Ernalis, A. Pi. M. Si yang sebelumnya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua hadirin.

Pada sambutannya beliau menyampaikan, peran ibu dalam sebuah keluarga sangatlah penting. Ibu dalam sebuah keluarga adalah sosok unik yang bukan saja secara kodrati mampu mengandung dan melahirkan anak, tetapi juga ikhlas dan tulus merawat, mengasuh dan mendidik anak-anak hingga menjadi orang yang berguna dan mandiri. Di zaman ini, dimana kehidupan semakin sulit, ibu-ibu ternyata bukan lagi hanya mengurus suami dan anak, tetapi juga harus ikut berjuang menopang perekonomian keluarga yang tidak lagi mampu dicukupi oleh suami. Perkembangan internet dapat dimanfaatkan oleh kaum ibu dalam mencari solusi dalam persoalan yang dihadapinya, meningkatkan produktifitas, peningkatan ekonomi, serta meminimalisasi dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunanya.

Dalam paparan Bapak Benny Mutiara, beliau memberikan informasi menarik yaitu cara mudah menjaga privasi.  Ada apa saja cara-caranya? Yuk disimak..!

  1. Jaga menggunakan kata sandi. Tidak menggunakan kata sandi bagi komputer, smartphone atau komputer tablet ibaratnya tidak mengunci rumah ketika pergi. Karena kemungkinan orang lain akan menggunakan komputer atau smartphone anda menjadi lebih besar.
  2. Cek koneksi internet. Alternatifnya, cek semua peralatan yang terkoneksi ke internet. Banyak peralatan di rumah, tanpa sepengetahuan kita terus melakukan pertukaran data dengan pabrik pembuatnya. Atau yang lebih jahat, ada komponen yang sengaja dipasang untuk mengirim data. Cek lewat Shodan.io, perangkat mana yang terhubung dengan internet dan bagaimana cara melindunginya.
  3. Pakai Jejaring aman. Memiliki jaringan WiFi di rumah sudah bukan merupakan hal lazim. Disarankan lindungi WLAN dengan password dan sandi yang cukup aman. Jika menggunakan WiFi terbuka atau Hotspot, usahakan menggunakan jejaring yang memasang fitur keamanan.
  4. Update teratur. Bukan hanya keamanan jaringan internet, juga sistem operasi perangkat yang Anda miliki harus aman. Produsen yang peduli, selalu melakukan update software yang mereka pasang di perangkatnya secara teratur.
  5. Unduh aplikasi yang aman. App atau aplikasi adalah alat bantu utama pada smartphone. Pastikan Anda mengunduh app yang aman yang tidak menghimpun dan mengirim data dari perangkat Anda ke pihak ketiga.

Selain itu, para peserta juga diberikan informasi untuk dapat berkontribusi bersama serempak.id. Bagi peserta yang gemar menulis dapat berkontribusi dengan mengirimkan karyanya tulisannya. Kemudian untuk para pelaku UKM dapat mempromosikan produknya di Laman UKM serempak.id. Setelah semua pemateri selesai memberikan penjelasan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimanfaatkan para peserta secara maksimal.(ly)