BPJS merupakan program dari pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, BPJS meliputi BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan yang terdiri dari jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Pembahasan kali ini perihal rujukan BPJS online dalam kesehatan yang menjadi program pemerintah.

Dengan adanya BPJS kesehatan, pemerintah memberikan kemudahan dalam berobat. Diharapkan kesehatan masyarakat lebih baik dan segala pengobatan bisa teratasi dengan sesuai. Cara memiliki kartu BPJS kesehatan yaitu cukup mendaftarkan diri ke kantor BPJS dengan menyertakan KK dan KTP, serta mampu membayar iuran bulanan sesuai dengan tingkat faskes yang sudah dipilih. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan perihal sistem rujukan BPJS online, antara lan:

1. Apa itu Faskes tingkat I?

Dalam FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) Faskes tingkat I merupakan faskes tempat untuk memilih berobat. Pilihan tersebut diantaranya bisa puskesmas, klinik maupun dokter umum yang sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Biasanya, dalam memilih faskes tingkat I berdasarkan dari domisili tempat tinggal. Apabila dari data dalam faskes domisili tempat tinggal sudah penuh baru mencari dari domisi lain.

Namun itu bukan suatu kewajiban? Yang perlu diperhatikan di sini, jika memilih dokter umum maka perlu menentukan dokter gigi juga. Tapi jika sudah memilih klinik atau puskesmas. Tidak perlu mencari dokter lagi, karena di puskesmas maupun klinik sudah tersedia dokter prakteknya.

2. Dimana bisa meminta rujukan BPJS secara online?

Tempat untuk meminta rujukan BPJS secara online ada di faskes tingkat I yang sudah dipaparkan di atas. Ketika membutuhkan rujukan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Langsung datang ke faskes tingkat I, cukup menunjukkan kartu BPJS dan meminta surat rujukan. Dokter akan menanyai rumah sakit mana yang akan dituju dan akan dicek untuk jadwal dokter prakteknya. Hal itu bisa dilakukan ketika kita sudah pernah periksa di rumah sakit dan akan periksa kembali (kontrol), cukup minta surat rujukan ke faskes tingkat I lagi secara online lalu diserahkan ke bagian pendaftaran rumah sakit.

3. Mengapa perlu sistem baru dengan rujukan BPJS online?

Sistem baru rujukan BPJS yang dapat dilakukan secara online kini mulai diadakan dari pemerintah mulai tahun 2018 lalu. Hal tersebut perlu melewati fase-fase percobaan dari kurun waktu 15 Agustus 2018 sampai dengan 30 September 2018 demi kelancaran sistem baru ini. Meminta rujukan secara online memang lebih mudah. Pasalnya, disini kita bisa meminta dokter faskes tingkat I untuk berobat ke dokter spesialis yang bisa dipilih.

Sistem online disini memberikan cara yang sangat efisien antara faskes tingkat I dengan rumah sakit. Dokter bisa mengecek jadwal praktek rawat jalan. Kita bisa melihat nama dokter, jadwal hari untuk periksa serta waktu berlakunya surat rujukan tersebut

4. Bagaimana prosedur meminta rujukan BPJS secara online?

Pertama, Periksa ke dokter faskes tingkat I terlebih dahulu. Di situ dokter yang menentukan apakah diobati atau butuh penanganan ke rumah sakit. Ketika dokter memutuskan perlu tindakan maka akan dibuatkan surat rujukan secara online. Surat rujukan tersebut ditunjukkan ke dokter spesialis yg berhubungan dengan penyakitnya. Mengenai waktunya bisa ditentukan dari jadwal yang sudah tertera di rumah sakit.

Kita juga sudah bisa mengetahui dokter yang akan memeriksa kita. Setelah mendapat surat rujukan BPJS yang dilakukan secara online, langkah selanjutnya langsung datang ke rumah sakit yang dituju, ambil nomor antrian, lalu ke bagian pendaftaran dengan menyerahkan surat rujukan tersebut. Rumah sakit sudah dapat memprosesnya.

5. Apa saja kendala yang biasa terjadi?

Kendala yang akan dibahas kali ini mengenai keadaan yang sudah pernah saya alami. Dengan mudahnya meminta rujukan BPJS yang bisa dilakukan secara online untuk berobat ke rumah sakit. Penanganan dalam rawat jalan terkadang tidak terkontrol, dari antrian yang banyak, dokter yang datang tidak sesuai jadwal praktek, selain itu juga antrian di apotek yang lama, kurang kondusifnya proses yang ada di rumah sakit membuat pasien rawat jalan menunggu lama.

Pemaparan di atas merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam sistem rujukan BPJS online, dengan adanya kebijakan dari pemerintah dapat memudahkan masyarakat dalam berobat. Pemerintah butuh melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai sistem ini. Tujuannya agar masyarakat lebih memahami dan mengerti. Semua pasien BPJS disini dari tingkat faskesnya hanya ruang perawatannya, untuk jenis obatnya tidak ada perbedaan.(nkh)