Kota Bandung kini semakin dikenal dengan kota yang memiliki banyak taman kota. Di setiap sudut kota, terlihat taman-teman indah menghiasi ruang kota. Rindangnya pepohonan membuat taman hijau menjadi alternatif yang menyenangkan bagi keluarga dan tua muda Bandung. Untuk urusan taman, Kota Bandung sejak zaman kolonial Belanda mempunyai sejarah tersendiri.

Beberapa taman di kota Bandung sudah ada sejak Negara ini belum merdeka. Sampai saat ini, Kota Bandung memiliki 604 taman kota. Tiga puluh empat di antaranya adalah taman tematik yang sekarang sedang menjadi hits di antara masyarakat Bandung.

taman-taman-di-bandung

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan ada dua alasan mengapa taman-taman direvitalisasi. Pertama, taman dapat mewujudkan sebuah ciri kota yang bahagia, di mana warganya banyak berinteraksi dengan nyaman di ruang publik. Kedua, proporsi kota yang baik adalah jika 30 persen wilayahnya berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“RTH harus memiliki manfaat, bukan hanya ruang ekologis tapi juga ruang sosial,” jelas Ridwan Kamil kepada Kompas.com. Karena alas an-alasan tersebut, pemenuhan kuantitas RTH layak diperjuangkan.

Berikut ini beberapa taman yang layak Anda datangi kalau main ke Bandung. Jangan lupa ajak serta keluarga Anda.

 

Taman Jomblo

Nama aslinya adalah Taman Pasupati. Taman yang berada tepat di bawah jembatan layang Pasupati ini resmi dibuka untuk umum sebagai Taman Jomblo pada Sabtu, 4 Januari 2014. Di taman yang memiliki luas 30×25 meter ini, bangku-bangku semen ditata dengan begitu menarik dan penuh warna.

Taman Film

Taman tematik ini diresmikan pada 14 September 2014. Taman seluas 1.300 meter persegi ini bisa menampung hingga 500 orang. Taman Film Bandung dibentuk menyerupai amphitheater. Beralaskan rumput sintesis, tempat untuk penonton dibuat berkelok dan dijajar dari rendah ke tinggi..

Taman Alun-alun Bandung

Kalau ingin berfoto selfie dengan latar belakang lapangan hijau dan Masjid Raya Bandung, silakan datang ke taman alun-alun Bandung. Taman yang diresmikan di akhir tahun 2014 ini berlokasi persis di depan Masjid Raya. Di taman seluas 400 meter persegi ini, warga yang datang tidak mengenal usia. Mulai anak-anak, remaja hingga lansia senang mengisi waktu di taman ini. Berlari, tidur-tiduran, bermain bola, sekedar mengobrol dan tidak lupa, selfie.

Taman Pustaka Bunga

Lokasi taman ini tak jauh dari Gedung Sate, pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni yang ada di Jalan Diponegoro. Dulu, taman ini dikenal dengan julukan taman Cilaki. Sekarang, di taman ini terdapat sekitar 100 ribu jenis bunga dari berbagai spesies. Tema bunga diangkat untuk mengangkat citra Bandung Kota Bunga.

Taman Lansia

Meskipun namanya taman lansia, tapi semua orang bisa masuk ke taman ini. Taman ini terletak dekat Gedung Sate (dekat Gedung Sate). Di antara rindang pepohonan terdapat jogging track yang sengaja dibangun agar mereka yang lanjut usia dapat leluasa berolah tubuh ringan sembari menghirup udara segar.

Pet Park

Di sebelah timur Jalan Lansia, ada taman yang sengaja diciptakan untuk pecinta binatang peliharaan. Komunitas-komunitas mereka kerap kali berkumpul untuk bertemu kangen, bertukar informasi, atau sekadar mengajak peliharaan jalan-jalan. Taman juga dilengkapi beberapa fasilitas khusus bagi hewan peliharaan. (rab)