Yuk, Melihat Asrinya RPTRA Ciganjur Jakarta!

0
33
Jakarta terus berbenah diri dan ingin mendapat julukan sebagai kota yang “ramah anak”. Kini, berbagai RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) bertebaran di berbagai penjuru kota. Yuk, kita jalan-jalan melihat salah satunya! 
Jakarta kini menyediakan beragam Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Penyediaan RPTA ini didasarkan Undang-undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Disebutkan, setiap wilayah kota harus menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30% dari luasan wilayah yang penggunaannya lebih bersifat terbuka sebagai tempat tumbuh tanaman, baik secara alamiah ataupun sengaja ditanam. Salah satu RPTRA yang ada adalah RPTRA Ciganjur yang terletak di Jalan Pasir, Ciganjur, Jakarta.
img_20161126_161014_hdr
 
Syarif Hidayutullah, Koordinator Pengelola RPTA Ciganjur mengatakan ada beberapa aturan yang terdapat di RPTRA ini. Beberapa di antaranya adalah tidak merokok di area RPTA dan dilarang bermain pada saat jam belajar 20.00-21.00 WIB. RPTA seluas 100 meter ini diresmikan pada Selasa, 17 Mei 2016. Di RPTRA ini tersedia sarana wifi yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Anak-anak walaupun malam hari di larang bermain di RPTRA tapi jika untuk belajar dapat menggunakan sarana wifi. “Kalau untuk bermain, tidak diizinkan,” kata Syarif kepada Serempak.id.
 img_20161126_163617_hdr
Fasilitas yang tersedia adalah lapangan bermain, taman sayur, kolam renang, perpustakaan dan ruang menyusui. Di lapangan bermain terdapat ayunan, papan seluncuran, mangkok putar hingga jungkat jungkit. Permainan itu berwarna ceria seperti merah, kuning dan hijau. Di taman sayur, tanaman ditata lebih rapi. Di RPTA ini ada kolam kecil yang berisi ikan mujair, ikan lele, ikan patin hingga mujair. Ruang menyusui didominasi warna putih dan dihias dengan beragam stiker lucu dan unik. Ada tempat tidur buat bayi yang nyaman juga ada meja dan kursi untuk sang ibu. Sebuah wastafel juga ada di ruang menyusui. Tak perlu kuatir panas karena ada kipas angin yang bisa menyejukkan ruangan. Bagi yang suka membaca, ada perpustakaan sederhana dengan dinding berwarna putih serta dihiasi aneka stiker lucu.
 img_20161126_162200_hdr
Ada juga aula untuk beraktivitas. Salah satu ibu yang ditemui Serempak.id kala itu baru saja mendaftarkan anaknya untuk ikut les yang disediakan RPTRA. “Awalnya saya nggak tahu tapi dikasih tahu teman. Ini saya baru mau daftar untuk anak les,” kata Bu Ani kepada Serempak.id.
 
Masih banyak RPTRA yang tersedia di Jakarta. Harapannya, semakin banyak RPTRA untuk ruang bermain anak dan beraktivitas dengan sesama. Apalagi jika RPTRA ini terletak di pemukiman warga. (rab)