Yuk, Pahami Arti Pola Hidup Sehat!

0
42

Siapa yang tidak ingin hidup sehat? Memiliki bentuk tubuh yang ideal, sehat, kuat, dan selalu tampil bugar ceria setiap hari? Kalau begitu, kamu wajib jalani pola hidup sehat. Apa sih artinya?

Pada dasarnya kita ingin agar kesehatan menjadi milik kita selamanya, berapapun usia kita saat ini, maka untuk mencapai keinginan tersebut dibutuhkan serangkaian tindakan yang nyata, yaitu kegiatan yang dapat mendukung Anda untuk mencapai kesehatan yang optimal yang Anda harapkan, untuk ini hanya ada satu solusi dalam meraih hidup yang sehat, cara tersebut tidak lain adalah dengan melakukan  Pola Hidup sehat.

Definisi Pola Hidup Sehat 

Untuk lebih memahami hal ini, saya telah mengumpulkan berbagai definisi tentang Pola Hidup Sehat, dari berbagai sumber. Pola Hidup Sehat adalah konsep kesehatan global yang sudah mendunia. Sehingga berbagai organisasi Nasional seperti Departemen Kesehatan, BKKBN, KemenSos, hingga organisasi kesehatan yang berskala internasional seperti WHO, Unicef, UNESCO dan lain sebagainya, semua terlibat dan bahu membahu untuk mempromosikan aksi hidup sehat ini di semua bidang, berikut ini adalah beberapa definisi Pola Hidup Sehat yaitu :

  • Menurut World Health Organization (WHO) : Suatu keadaan mental, fisik maupun kesejahteraan sosial, dan bukan hanya pada ketiadaan penyakit pada seluruh manusia.
  • Menurut Ahli (Kotler – 2002 p 192) : Gambaran dari aktivitas atau kegiatan kita yang di dukung oleh keinginan dan minat kita dan bagaimana pikiran kita menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan kita. Tentunya pada hal yang baik dan positif ya.
  • Menurut Wikipedia: Suatu keadaaan sejahtera pada badan, jiwa serta sosial, yang memungkinkan setiap individu dapat hidup produktif secara sosial maupun ekonomis.
  • Menurut Saya: Kumpulan peraturan kehidupan yang diminati serta memenuhi standar kesehatan yang dapat digunakan untuk bertahan hidup lebih baik bagi kita.

Jadi sebenarnya, konsep ini bukanlah hal atau trend  baru di masyarakat. Pola Hidup Sehat bisa dipraktikkan dalam segala aspek kehidupan kita.

Sayangnya, walau konsep ini terlihat penting di mata kita, namun masih ada sebagian orang syang menolak dan mengabaikan konsep ini, khususnya bagi mereka yang saat ini dalam kondisi sehat. Hal ini terjadi karena orang yang sehat selalu merasa akan sehat terus dan belum membutuhkan konsep ini, sikap inilah yang umumnya mereka tunjukkan.

pola-hidup-sehat

Fungsi Dasar Pola Hidup Sehat 

Pernahkah kamu melihat rumah yang dibangun tanpa menggunakan pagar pelindung? Lalu apa yang ada dalam benakmu saat melihat rumah itu? Umumnya orang akan berpikir “Wah berani sekali pemilik rumah ini? Apa ia tidak takut dengan pencuri dan perampok yang dapat sewaktu – waktu datang dan berbuat jahat?”

Nah itulah fungsi utama Pola Hidup Sehat yang bisa diibaratkan sebagai pagar pelindung rumah. Jadi Pola Hidup Sehat selalu dibutuhkan setiap saat untuk menjaga pemiliknya dari masalah kesehatan, terlebih lagi di saat adanya serangan penyakit berbahaya.

Bila rumah tidak menggunakan pagar maka pencuri atau perampok akan mudah masuk ke dalam rumah dan melancarkan aksi kejahatannya. Begitu pula dengan tubuh yang lemah akan mudah diserang virus penyakit, karena tidak adanya mekanisme perlindungan atau pertahanan tubuh yang berlapis.  Akibatnya tubuh akan mudah sakit atau bahkan bisa menyebabkan kegagalan fungsi organ dalam, hingga bisa membahayakan jiwa. Maka sebelum kesehatan tubuh terganggu, kita wajib memahami dengan baik Pola Hidup Sehat.

Cara Mendapat Informasi Kesehatan

Untuk lebih memahami Pola Hidup Sehat, maka kita harus mendapatkan informasi seputar makanan bergizi, beragam jenis olahraga maupun tentang cara mencegah beragam penyakit. Ini berarti kita harus mencari sumber informasi atau bahkan mencari pendapat para ahli, di antaranya dengan cara:

  1. Melihat Informasi Kesehatan

Terdapat jutaan informasi tentang kesehatan yang bisa kita akses dengan mudah. Kita bisa mencari berbagai informasi kesehatan di beragam media, mulai dari media cetak tradisional seperti koran, majalah, brosur hingga buku kesehatan. Walaupun saat ini membaca majalah, buku maupun brosur sudah mulai “ditinggalkan” karena terkesan agak kuno, namun jangan abaikan info kesehatan yang ada pada media ini, karena media ini masih dapat berfungsi optimal, terutama ketika gadget kamu bermasalah, misalnya baterai habis atau gangguan sinyal.

  1. Menggunakan Jaringan Internet

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju juga turut mendukung penyebaran beragam informasi kesehatan. Jutaan artikel yang terdapat di website, majalah online atau Blog saat ini turut memberikan kontribusi yang signifikan pada perkembangan informasi kesehatan. Kamu bisa mencari informasi kesehatan melalui search engine Google dengan cepat dan mudah.

  1. Memakai Aplikasi Khusus (software) Kesehatan

Bagi kamu yang memiliki gadget handphone, Tab ataupun komputer, bisa menggunakan berbagai fitur (Program) atau aplikasi (software) yang memiliki tema kesehatan. Semua kecanggihan teknologi informasi ini dapat kamu gunakan untuk memahami cara dan petunjuk pelaksanaan Pola Hidup Sehat yang kamu inginkan.

  1. Menyaksikan Siaran TV atau Video Petunjuk dan Info Kesehatan

Saat ini banyak stasiun TV menayangkan siaran bertajuk kesehatan bagi masyarakat. Ada begitu banyak berita tentang Pola Hidup Sehat yang menjadi tren di masyarakat, lengkap dengan liputan yang akan membantu kamu untuk memahami makna kesehatan.

Selain itu, kamu juga dapat menonton siaran Video Online dengan memanfaatkan jaringan internet yang dapat saksikan di berbagai website yang menampilkan kumpulan video kesehatan.

  1. Menghadiri Seminar dan Penyuluhan Kesehatan

Bagi kebanyakan orang di Indonesia, cara yang satu ini mungkin belum menjadi kebiasaan dan budaya dalam mencari info kesehatan, namun sebenarnya kegiatan ini akan sangat  bermanfaat bila kamu mau mencobanya. Kegiatan ini juga lebih menarik daripada sekadar membaca buku atau di website kesehatan.

Di seminar semacam ini, kamu bisa bertemu  dan berinteraksi dengan berbagai orang, baik dengan pembicara seminar, panitia maupun dengan sesama pengunjung seminar. Dalam hal ini tentu kamu dapat bertanya dan mendapat jawaban secara langsung tentang topik pembicaraan yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk dengan cepat dan tepat dalam memahami kesehatan dan kegiatan ini juga dapat menjadi kenangan tersendiri yang berkesan bagi yang mengalaminya.

  1. Konsultasi dengan Ahli Kesehatan

Dengan menemui Ahli Kesehatan seperti Instruktur Kebugaran atau Ahli Nutrisi dan Gizi di manapun mereka berada, ini artinya merupakan terobosan besar untuk mencapai konsep Pola Hidup Sehat yang kamu inginkan.

Berkonsultasi langsung pada pakar /ahli kesehatan tentang rencana pola hidup sehat yang akan kamu jalankan, bisa membantumu membuat langkah-langkah hidup sehat yang praktis dan masuk akal untuk dipraktikkan.

  1. Berkonsultasi ke Dokter (Medical Check Up)

Pernahkah kamu mendengar slogan iklan “Bila kamu sakit maka segera kunjungi dokter!”, ya bila kamu sudah sakit keras, maka sebaiknya konsultasi ke dokter terdekat.

Ketika kita berkonsultasi ke dokter, maka biasanya kita juga mendapatkan penjelasan dari dokter tentang Pola Hidup Sehat. Sayangnya, pada saat itu, kita sudah dalam keadaan sakit, jadi memang agak terlambat. Nah, jadi sebelum jatuh sakit, kini kamu sudah memiliki pemahaman tentang Pola Hidup Sehat lewat artikel ini. Semoga bermanfaat.(aw)